Visi
Sarana pengembangan potensi diri, kemandirian dan berakhlaq mulia

Misi

Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan kondusif.

Mendorong siswa dan guru untuk mengembangkan bahan ajar.

Menumbuhkan semangat berkompetisi untuk berprestasi dalam bidang Keilmuan, Olah raga dan Seni.

Menumbuhkan dan mengembangkan sarana dan jaringan tehnologi informasi.

Mengembangkan perpustakaan yang layak, baik bahan pustaka cetak maupun elektronik.


Rabu, 11 April 2012

Pengaruh Renang


PENGARUH RENANG TERHADAP TUBUH

Pada masa anak-anak pertumbuhan tubuh sedang berlangsung paling subur. Disekolah anak-anak duduk di bangku terlalu lama dan mengalami banyak gangguan, hal ini sangat mengekang pertumbuhan anak. renang merupakan salah satu olahraga yang lebih tepat untuk menghilangkan gangguan tersebut.
Pengaruh renang terhadap Peredaran Darah
Renang suatu olahraga yang dilakukan di air. Dengan bergerak di air maka seluruh anggota badan bergerak dengan bebas. Untuk menggerakkan badan diperlukan adanya tenaga (energi). Energi diperoleh dari hasil pembakaran (oksidasi) sari-sari makanan dalam darah (sel). Karena seluruh badan badan digerakkan dalam renang, pengiriman darah ke seluruh tubuh harus merata.
Sikap badan yang mengapung membuat letak kepala, badan dan kaki sejajar dengan letak jantung. Sehingga pengiriman darah keseluruh tubuh akan berjalan sama cepatnya. Hal ini akan memberi kemungkinan peredaran darah ini berjalan dengan lancar
Pengaruh renang terhadap Pernapasan
Di atas telah dijelaskan bahwa orang yang melakukan aktivitas berenang memerlukan tenaga (energi). Energi di dapat dari oksidasi, untuk oksidasi diperlukan O2 (oksigen) yang diperoleh dari pernapasan. Oksigen yang kita hirup masuk ke paru-paru.
Kemudian oksigen berdifusi ke dalam darah, di dalam darah oksigen di bawa ke seluruh tubuh untuk membawa sari makanan yang akan menghasilkan tenaga. Tenaga ini yang digunakan untuk menggerakkan tubuh ketika berenang. Dengan berenang secara teratur akan merangsang pernapasan sehingga rongga pernapasan dan paru-paru menjadi lebih kuat.
Pengaruh renang terhadap Otot
Manusia mempunyai dua macam sel otot, yaitu otot lurik dan otot polos. Otot merupakan jaringan penggerak, tanpa otot kita tidak bisa bergerak sama sekali. Kerja otot tersebut disebut kontraksi (meregang dan mengendor). Kerja otot yang dinamis lebih baik dari pada kerja otot yang statis. Di mana gerakan dinamis memungkinkan otot sempat beristirahat secukupnya setelah berkontraksi.
Gerakan-gerakan daram renang akan terjadi banyak gerakan otot yang dinamis. Karena kerja otot itu terus menerus, hal ini akan membuat serabut-serabut otot bertambah banyak dan bertambah kuat. Dalam renang, otot-otot tubuh seluruhnya bekerja, hal ini akan membuat pertumbuhan otot dengan baik.
Pengaruh renang terhadap Mata dan Kulit
Dengan bergerak terus-menerus saat berenang, peredaran darah menjadi lebih lancar dan merata. Hal ini memungkinkan berpengaruh terhadap kesehatan mata lebih berbinar, kulit akan menjadi bersih dan sehat karena selalu terkena sinar matahari yang bebas, yang penuh dengan vitamin D. Di samping itu, berenang juga bisa menghilangkan kelelahan dan ketegangan secara perlahan-lahan maka otak secara otomatis akan lebih segar dan rileks.
untuk mendapatkan kesehatan mata dan kulit dengan berenang ada beberapa syarat air kolam yang harus dipenuhi:
1. Bersih, air kolam harus bebas dari kotoran daurn, kertas lumut, rambut, bakteri dan bahan kimia serta tidak mengandung bibit penyakit.
2. Jernih, permukaan kolam dapat terlihat dengan jelas dari permukaan air.
3. Suhu, termperatur air kolam dijaga jangan terlalu panas dan tidak terlalu dingin antara 25O s/d 26O C.

Tidak ada komentar: